Senin, 13 April 2009

MANUSIA BARU



Kolose 3:5-17

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi! Paulus mengawali dengan sebuah kalimat perintah yang tegas berkaitan dengan ciri manusia baru. Paulus ingin mejelaskan kepada Jemaat Kolose bahwa sebagai manusia baru, manusia yang telah mengalami penebusan Kristus maka segala sesuatu yang duniawi harus dimatikan. Lebih jauh Paulus menjelaskan tentang yang duniawi dalam ayat 5, yaitu: Percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan keserakahan, yang sama dengan peyembahan berhala.




Saya teringat dengan pengalaman seorang hamba Tuhan yang cukup senior, beliau sangat dihormati oleh semua staff yang melayani bersama dia, bahkan jemaat hampir-hampir hamba Tuhan ini diperlakukan seperti Tuhan, karena apa saja yang dikatakan hamba Tuhan ini sudah dianggab sebagai kata Tuhan. Tidak hanya sampai disitu, kekayaan juga cukup melimpah, bahkan sudah dapat dikategorikan sebagai konglomerat yang tersebunyi.




Namun sangat disayangkan hamba Tuhan ini jatuh kepada dosa percabulan, ternyata si hamba Tuhan ini ada main dengan seorang yang melayani Tuhan juga di gereja yang sama. Bahkan hubungan keduanya sudah sedemikian jauh sampai kepada mempunyai anak dari hasil hubungan mereka. kalau sudah begini keadaanya apa yang mau dikata, dikaitkan dengan pernyataan Paulus "matikan segala sesuatu yang duniawi" Memang untuk melakukan perintah itu bukanlah mudah, tetapi bukan juga berarti tidak bisa.




Mustahil memang jika dengan usaha sendiri kita ingin mematikan yang duniawi, satu-satunya yang bisa mematikan yang duniawi adalah yang rohani. Maka dari itu dengan kekuatan Roh Tuhanlah kita bisa mematikan yang duniawi, selama kita hidup pimpinan Roh maka yang duniawi akan kalah tetapi sebaliknya bila kita hidup diluar pimpinan Roh Allah maka yang duniawi akan menguasai hidup kita. Dan ciri utama manusia baru adalah mematikan semua yang duniawi. Sudahkah kita benar-benar manusia baru ?.

Tidak ada komentar: