Kamis, 16 Desember 2010

PEMIMPIN HARUS TULUS

Oleh: Ev. Hermanto Karokaro, S.Th


Musa tokoh yang sangat luar biasa dipakai oleh Tuhan. Tuhan sudah menujukkan perhatiannya terhdapa Musa, mulai dari peristiwa kelahirannya, saat di istana Firaun hingga keluar dari Mesir memimpin umat Israel. Kehebatan Musa masih terus berlanjut setelah keluar dari Mesir. Musa dipakai Tuhan membelah laut mati, mendatangkan makanan (manna) dan burung puyuh, dll. Musa sagat terkenal dengan hatinya yang lemah lembut, bahkan Tuhanpun mengakui kelembutan hati Musa, musa juga sangat mengasihi umat Israel. Saat Tuhan ingin menghancurkan umat Israel karena dosa-dosa mereka, Musa menjadi pembela. Banyak hal yang dapat diceritakan tentang kehebatan Musa dipakai Tuhan.

Sebuah pernyataan di abad modern, “Rocker juga manusia” hal ini ingin menggambarkan bahwa sehebat-hebatnya seseorang tetaplah mereka punya keterbatasan atau kelemahan. Musa boleh sabar menghadapi umat Israel, tetapi dalam peristiwa di Meriba, Musa pun melakukan satu perbuatan yang membuat Tuhan marah dan sebagai akibatnya Musa dan Harun tidak masuk ketanah Kanaan. Luar biasa Musa, sudah tahu banwa dia tidak akan masuk ke tanah Kanaan, tetapi dia tetap setia mengambil tanggung jawab memimpin umat menuju Kanaan. Sampai suksesi kepemimpinan kepada Yosua, Musa tetap menunjukkan kesetiannya, bahkan dengan penuh kerelaan menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Yosua.

Musa memang manusia, tetapi musa sudah menunjukkan satu model atau teladan tentang manusia yang berkarakter laur biasa. Ketulusan dan ketekunan serta tanggung jawab ditampilkan Musa untuk diteladani pemimpin-pemimpin di kemudian hari

Tidak ada komentar: